tanyadokter2

Newsletter

Saya ingin Berlangganan Artikel

Tips Seputar Nutrisi

2 Alasan Wajib Untuk Operasi Amandel Anak

Jika amandal si kecil membesar tak perlu buru-buru untuk mengambil langkah agar amandelnya di oprasi, tapi hendaknya bawa si kecil ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan pemeriksaan langsung, karena tidak semua amandel harus di operasi. Disalin dari www.idai.or.id ada 2 alasan yang tersering dan terpenting.

Alasan yang pertama adalah bila telah timbul gangguan napas saat tidur yang disebut OSAS – Obstructive sleep apnea syndrome. Yang kedua adalah apabila amandel dan tanggorokan sering mengalami radang khusus akibat kuman streptokokus.

Pasien diduga mengalami OSAS jika sering mendengkur saat tidur, lebih dari 3 hari dalam seminggu tidurnya mendengkur. Biasanya ada gejala henti napas saat tidur yang diikuti gelagapan seperti hendak terbangun, namun kemudian pasien tidur lagi. Gejala lain yang menyertai adalah gejala mengantuk berat siang hari dan gangguan prestasi belajar pada anak sekolah. Untuk memastikan adanya diagnosis OSAS perlu pemeriksaan khusus yang disebut polisomnografi (PSG). Alasan kedua adalah radang tenggorokan dan amandel (tonsilo-faringitis) akibat kuman streptokokus yang berulang terjadi. Radang ini harus dibedakan dengan selesma atau common cold yang seperti namanya memang sering terjadi. Radang amandel ini gejalanya lebih berat, demam tinggi dengan nyeri tenggorokan berat, tanpa gejala batuk, dan amandel terlihat sangat merah (cherry red) dan di permukaan amandel terlihat bercak-bercak putih. Disebut sering jika terjadi hingga 7 kali atau lebih dalam 1 tahun terakhir, atau 5 kali pertahun dalam dua tahun berturut, atau 3 kali pertahun dalam 3 tahun berturut.

Dari uraian di atas terlihat bahwa untuk melakukan operasi amandel diperlukan alasan yang kuat. Ukuran amandel yang besar semata tanpa gangguan fungsi napas tidak menjadi alasan operasi. Batuk pilek biasa (common cold) atau selesma walau terjadi berulang juga tidak menjadi alasan untuk operasi. Pada anak kelompok umur lebih muda, alasan yang lebih sering adalah OSAS sedangkan pada kelompok umur lebih tua alasan tersering adalah tonsilo-faringitis.

Sumber :  http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/amandel-besar-pada-anak-apakah-perlu-dioperasi

Share
Posted by Admin in Kesehatan Anak  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *